Selasa, 24 September 2013

Hasil Belajar

Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu yang mengakibatkan bertambahnya pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap yang diperoleh melalui interaksi individu dengan lingkungannya. Belajar matematika marupakan suatu aktivitas mental untuk memahami inti dari hubungan-hubungan dan symbol-simbol yang terkandung dalam matematika secara sistematik, cermat dan tepat, kemudian menerapkan konsep-konsep yang dihasilkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai hal/keadaan atau situasi nyata.
Menurut Nana Syaodih(2009 ):  hasil belajar atau achievement merupakan realisasi  atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat dilihat dari perilakunya, baik perilaku dalam penguasaan materi, keterampilan berpikir maupun keterampilan motorik. Hampir sebagian besar dari kegiatan atau perilaku yang diperlihatkan seseorang merupakan hasil belajar.  Di sekolah, hasil belajar dapat dilihat dari penguasaan siswa terhadap semua mata pelajaran yang ditempuhnya.
Hamalik(2007): “hasil belajar bukan suatu penguasaan hasi latihan, melainkan perubahan kelakuan”. Sedangkan menurut Abdurrahman(1999): “hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar”.
Hasil belajar di Sekolahan adalah nilai perolehan siswa sementara mata pelajaran tertentu yang disenjutnya dikenal sebagai “prestasi belajar.” Sejalan dengan itu,  Nasution mengatakan bahwa prestasi belajar matematika adalah hasil belajar dari satu individu tersebut berinteraksi secara aktif dan pasif dengan lingkungannya. Pendapat lain yang dikemukakan Winkel bahwa prestasi belajar yang dihasilkan oleh siswa menghasilkan perubahan-perubahan dalam bidang pengetahuan/pengalaman dalam bidang keterampilan, nilai dan sikap.
Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar atau penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran yang biasanya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan guru.
Tujuan dari proses belajar mengajar  adalah hasil belajar. Hasil Belajar merupakan gambaran kemampuan siswa setelah melalui tahapan-tahapan pengalaman belajar hingga mencapai tujuan pembelajaran dalam satu kompetensi dasar.
Hasil belajar matematika(Abdurrahman, 1999) adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar matematika, ada dua macam hasil belajar matematika yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu: 1) Perhitungan matematis, dan 2) Penalaran matematis.
Hasil belajar matematika tidak lain adalah hasil terakhir dari proses belajar matematika sebagai perwujudan segala upaya yang telah dilakukan selama proses berlangsung. Sementara itu, pencapaian hasil balajar lebih sering dikaitkan dengan nilai perolehan siswa setalah proses belajar mangajar dan evaluasi yang diberikan. Hasil belajar yang diciptakan setelah terjadinya proses belajar merupakan bukti utama dari proses belajar.


Syaodih, Nana.  2009. Landasan Psikologi Proes Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal. 155-158

Tidak ada komentar:

Posting Komentar