Alat peraga dalam mengajar
memegang peranan penting sebagai alat Bantu untuk menciptakan proses belajar
mengajar yang efektif. Proses belajar mengajar ditandai dengan adanya beberapa
unsur antara lain tujuan, bahan, metode dan alat, serta evaluasi.
Unsur metode dan alat merupakan unsur yang tidak bisa dilepaskan dari unsur
lainnya yang berfungsi sebagai cara atau tehnik untuk mengantarkan sebagai
bahan pelajaran agar sampai tujuan. Dalam pencapain tersebut, peranan alat
Bantu atau alat peraga memegang peranan yang penting sebab dengan adanya alat peraga ini
bahan dengan mudah dapat dipahami oleh siswa. Alat peraga sering disebut audio
visual, dari pengertian alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga. Alat
tersebut berguna agar pelajaran yang disampaikan guru lebih mudah dipahami oleh
siswa. Dalam proses belajar mengajar alat peragadipergunakan
dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa lebih efektif dan
efisien.
Sudjana( 2002 :59 ): Pengertian
alat peraga adalah suatu alat yang
dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses
belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien”.
Gunawan (Hardiyana, 2011:12): Alat peraga pengajaran (teaching aids audiovisual
aids) adalah alat-alat yang digunakan oleh guru pada saat mengajar untuk
memperjelas materi pelajaran dan mencegah terjadinya verbalisme pada siswa”.
Nasution(1985:100): “alat
peraga adalah alat pembantu dalam mengajar agar efektif. Pendapat lain dari
Suhardi(1978:11): “Alat peraga atau audio visual adalah media yang
pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran.
Dari beberapa pendapat
tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat peraga adalah alat yang dapat ditangkap
oleh panca indera yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran agar
lebih efektif dan efisien.
Ø
Tujuan
digunakannya alat peraga antara lain :
a)
Memberikan
kemampuan berpikir matematika secara kreatif.
b)
Mengembangkan
sikap yang menguntungkan ke arah berpikir matematika.
c)
Menunjang matematika di luar kelas, yang
menunjukkan penerapan matematika dalam keadaan sebenarnya.
d)
Memberikan
motivasi dan memudahkan abstraksi.
e)
Dari
tujuan di atas diharapkan dengan bantuan penggunaan alat peraga dalam
pembelajaran dapat memberikan permasalahan-permasalahan menjadi lebih menarik
bagi anak yang sedang melakukan kegiatan belajar.
Ø
Menurut
Ruseffendi (Hardiyana,2011:13) Alat peraga memiliki fungsi / manfaat
diantaranya :
a)
Siswa
akan lebih banyak mengikuti pelajaran matematika dengan gembira;
b)
Dengan
disajikannya konsep abstrak matematika dalam bentuk konkret, siswa akan lebih
mudah memahami dan mengerti;
c)
Alat
peraga dapat membantu daya tilik ruang dalam geometri;
d)
Siswa
menyadari adanya hubungan anatara pengajaran dengan benda-benda yang ada di
sekitamya;
e)
Konsep-konsep
abstrak disajikan dalam bentuk konkret.
Ø
Sedangkan
menurut Gunawan,dkk (Hardiyana,2011:13) menjelaskan bahwa manfaat alat peraga,
diantaranya:
(a)
menarik
minat siswa dalam pembelajaran
(b)
mendorong
siswa untuk belajar bertanya dan berdiskusi
menghemat waktu
belajar
Ø Kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga
Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga dalam pengajaran yaitu:
Adapun kelebihan dan kekurangan penggunaan alat peraga dalam pengajaran yaitu:
a)
Kelebihan
penggunaan alat peraga yaitu:
1)
Menumbuhkan minat belajar
siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik
2)
Memperjelas makna bahan
pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya
3)
Metode mengajar akan lebih
bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan
4)
Membuat lebih aktif
melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan
dan sebagainya.
b) Kekurangan alat peraga yaitu:
1)
Mengajar dengan memakai
alat peraga lebih banyak menuntuk guru.
2)
Banyak waktu yang
diperlukan untuk persiapan
3)
Perlu kesediaan berkorban
secara materiil
Sudjana, Nana dan
Rivai Ahmad, 1991. Media Pengajaran. Bandung:
Sinar Baru Algensindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar